Tambah Satu Tropi, MTsN 5 Kebumen Toreh Prestasi Dalam Bidang Geguritan

Kebumen – Kamis (27/10) Sabrina Maharani Widianingaji peserta didik kelas VII.4 MTsN 5 Kebumen, bawa pulang satu tropi dari ajang lomba dalam rangka Peringatan Bulan Bahasa yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kebumen. Di bawah bimbingan Sri Murtiningsih, Sabrina berhasil menjadi Juara Tiga pada cabang Lomba Geguritan dalam ajang lomba tersebut.

Sabrina mengaku sangat senang karena dapat menorehkan prestasi dengan menyumbangkan tropi di tahun pertama ia bersekolah di MTsN 5 Kebumen.

“Semoga nanti saya dapat memberikan bukti prestasi lagi di bidang apa pun”, jawab Sabrina saat ditanya harapan ke depan atas prestasi yang diraih.

Sebagai pembimbing, Sri Murtiningsih sangat bangga atas capaian prestasi anak didiknya. Murti mengungkapkan lomba geguritan perlu digalakan lagi untuk mengembangkan budaya Jawa, khususnya mata pelajaran Basa Jawa agar tidak tenggelam dan dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan ajang kompetisi tingkat sekolah lebih sering melombakan bidang mata pelajaran umum.

Dalam penjelasannya tentang keunikan geguritan, Murti menyampaikan bahwa teknik membaca geguritan harus memperhatikan beberapa kriteria antara lain wicara, wirama, wirasa dan wiraga.

“Ketika sedang menampilkan geguritan harus bisa menyatukan keempat unsur tersebut agar pendengar ikut merasakan ataupun larut dalam geguritan tersebut”, jelas Murti.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.