PKKM | Penilaian Kinerja Kepala Madrasah |

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MTsN 5 KEBUMEN

Kamis, 28 Oktober 2021 bertempat di ruang Aula  MTs Negeri 5 Kebumen, dilaksanakan  kegiatan tahunan  Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) oleh tim penilai dari Kantor kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Tim Penilai disambut hangat oleh kepala Madrasah Muhammad Zainal Muhtadin, S.Ag bersama dewan guru dan staf.

PKKM ini adalah sebagai tindak lanjut dari peraturan Menteri Agama nomor 58 tahun 2017 tentang kepala madrasah. Kegiatan diawali sambutan TIM penilaian Ibu Hj. Indarwati, S.Pd, M.Pd.I menyepakati teknis pelaksanaan penilaian bukti fisik dilakukan  secara pembagian tugas yaitu Bapak Drs. H. Siswanto menilai bukti fisik Tim 2 dan Tim 4, sedangkan Ibu Hj. Indarwati, S.Pd, M. Pd. I menilai bukti fisik dari Tim 1 dan Tim 3. Penilaian bukti fisik dilakukan dengan cara tim yang dinilai mendatangi penilai dengan membawa bukti fisik yang disiapkan.

Untuk acara berikutnya, disampaikan sambutan sekaligus pemaparan kinerja  Kepala madrasah, Bapak Muhammad Zainal Muhtadin, S.Ag.  paparan kinerja kepala madrasah meliputi beberapa instrument yang akan dinilai diantaranya ada empat poin besar yaitu, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas dan menajerial kepala madrasah, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan berkas PKKM sekaligus refleksi tim penilai PKKM  yang dipimpin langsung oleh Ibu Hj. Indarwati, S.Pd M.Pd.I  dan Drs. H. Siswanto. Dari sekian instrument sudah lengkap, hanya ada beberapa catatan yang bisa menjadi nilai tambah untuk menilai  penilaian  tahun depan maupun akreditasi, antara lain. Guru yang mengikuti banyak pelatihan dapat menjadi perhatian untuk mendapatkan reward, Visi Misi Madrasah perlu disesuaikan lagi dengan situasi dan kondisi madrasah. Pada program literasi mengingat abad 21 mengembangkan literasi digital. Laboratorium maya bisa menjadi program unggulan.

Acara yang terakhir adalah penutup. Ucapan terimakasih  dan apresiasi kepada panitia persiapan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang telah berjuang ikhlas secara maksimal mengumpulkan bukti fisik kinerja kepala madrasah tahun 2021. Persiapan demi persiapan diupayakan secara maksimal oleh panitia penilaian kinerja kepala madrasah, semoga dapat memperoleh nilai yang terbaik oleh tim penilai”. Ungkap Tim penilai PKKM oleh Ibu Hj. Indarwati, S.Pd M.Pd.I  dan Drs. H. Siswanto.

Dari hasil PKKM ini diharapkan adanya peningkatan kinerja Kepala Madrasah yang diikuti oleh semua guru dan karyawan. Pelaksanaan tugas Kepala Madrasah tidaklah dapat terlaksana, tanpa adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dari semua komponen madrasah yang ada. Semangat kerja untuk terus berinovasi dan berprestasi menjadi motivasi setiap komponen madrasah, dalam rangka meyakinkan masyarakat bahwa Madrasah Mandiri Berprestasi. Selanjutnya, harapan untuk mewujudkan MTsN 5 Kebumen,” semakin baik dan lebih bermanfaat untuk masyarakat, agar menjadi dorongan yang kuat bagi setiap guru dan karyawan di MTsN 5 Kebumen, dalam setiap melaksanakan tugasnya masing-masing,” pungkas bapak kepala madrasah. Penutup acara diakhiri dengan doa oleh bapak Fuad Hasim, S.Ag

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.