Studi Banding Perpustakaan, MTsN 5 Kebumen Sambangi MAN 2 Wonosobo

Kebumen – Kamis (19/5), MTsN 5 Kebumen mengadakan kunjungan ke MAN 2 Wonosobo. Kunjungan ini merupakan kegiatan studi banding terhadap perpustakaan Baitul Hikmah MAN 2 Wonosobo. Baitul Hikmah merupakan juara dua tingkat nasional dalam lomba perpustakaan pada tahun 2018. Hal ini melatarbelakangi pemilihan perpustakaan MAN 2 Wonosobo sebagai sumber referensi dalam rangka persiapan akreditasi perpustakaan Nur Attarbiyah MTsN 5 Kebumen.

Studi banding ini hanya melibatkan anggota tim akreditasi perpustakaan sebanyak dua belas orang. Rombongan yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah, Imam Pratomo disambut oleh Adrodin Irawan selaku wakil kepala madrasah bidang hubungan masyarakat dari MAN 2 Wonosobo. Selanjutnya rombongan diajak untuk menjelajah perpustakaan Baitul Hikmah.

Beberapa fasilitas yang disediakan Baitul Hikmah antara lain ruang robotic, ruang diskusi, BI corner, ruang 3D, ruang display, ruang podcast dan juga kafe literasi.

“Pembenahan fasilitas perpustakaan ini memakan waktu selama kurang lebih 3 tahun”, ujar Adrodin.

Keunikan lain yang terdapat di Baitul Hikmah yaitu tangga literasi. Tangga literasi merupakan tangga yang dihiasi kalimat bijak di setiap anak tangganya. Selain itu, peran aktif literasi Baitul Hikmah di lingkungan masyarakat juga diwujudkan dengan adanya dokar pustaka yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling.

Kepala perpustakaan Nur Attarbiyah, Maryani mengungkapkan bahwa dalam studi banding kali ini, MTsN 5 Kebumen mendapat banyak wawasan tentang perpustakaan.

“Studi banding kali ini menambah ilmu perihal pengembangan perpustakaan, layanan perpustakaan. Mendapat inspirasi untuk menerapkan beberapa layanan iconic. Belajar perihal pengembangan sarpras perpustakaan”, jelas Maryani.

Maryani juga mengatakan mendapatkan hal baru untuk pengembangan literasi dengan memberdayakan apa yang sudah ada di MTsN 5 Kebumen.(PIC)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.