Simbiosis Mutualisme, MTsN 5 Kebumen Fasilitasi Sosialisasi Sekolah Lanjutan

Kebumen – Pasca ujian madrasah, peserta didik kelas IX MTsN 5 Kebumen masih melakukan aktivitas di madrasah. Salah satunya adalah mengikuti sosialisasi dari sekolah-sekolah lanjutan, Selasa (17/5) merupakan hari ke-3 pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di aula setempat.  Beberapa sekolah lanjutan yang berkesempatan untuk mempromosikan sekolahnya antara lain SMK Nawa Bhakti Kebumen, MAS Wonoyos, MAN 1 Kebumen, SMK Ma’arif 9 Kebumen, SMK Al Kamal, SMK Ma’arif 1 Kebumen, dan beberapa sekolah lainnya.

Berbagai trik dilakukan untuk memberikan gambaran dan mempromosikan sekolah lanjutan agar menarik perhatian para calon pendaftar. Ada yang menggunakan slide show fasilitas dan kegiatan-kegiatan peserta didik di sekolah lanjutan tersebut, kuis berhadiah souvenir juga ada penampilan dari peserta didik sekolah lanjutan tersebut yang disebut merupakan hasil belajar di sekolah mereka.

Kegiatan sosialisasi merupakan simbiosis mutualisme antara MTsN 5 Kebumen dan sekolah lanjutan yang memeberikan sosialisasi karena selain menambah wawasan dan referensi peserta didik MTsN 5 Kebumen dalam memilih tempat untuk melanjutkan pendidikannya, juga bagi sekolah lanjutan yang melakukan sosialisasi merupakan kesempatan untuk mendapatkan calon peserta didik langsung di sarangnya.

Pihak madrasah selaku tuan rumah, memberikan tempat dan waktu agar sosialisasi dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan sosisalisasi dilakukan secara terjadwal dari pukul 08.00 sampai 11.00 dengan melibatkan tiga sekolah setiap harinya.  

Salah satu peserta didik yang mengikuti sosialisasi, Daffa Alif Arrofiq mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu para peserta didik yang masih belum menentukan sekolah lanjutan seperti dirinya.

“Ada beberapa sekolah yang mampu menarik minat saya”, ucap Daffa setelah mengikuti kegiatan sosialisasi. (PIC)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.