Klirong- Ahad 5 Oktober 2014, Keluarga Besar MTs Negeri Klirong melaksanakan Salat Idul Adha di lapangan madrsah. Tepat pukul 6.45 salat Id dimulai. Para jamaah salat yang terdiri dari guru, karyawan, mahasiswa PPL IAINU, dan para siswa telah bersiap sejak pagi. Salat Idul Adha dilaksanakanan dengan tertib, diimami oleh Drs Nawali,M.Pd.I, dan Khotib Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Klirong, Muhamad Siswanto, M.Pd,I. Pada khutbahnya, khotib menyampaikan bahwa tujuan kita berkurban adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. Arti kata qurban adalah usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Selain itu, hendaknya kita merenungkan kembali kisah Nabi Ibrahim as beserta putranya Nabi Ismail as. Nabi Ibrahim as menyembelih putranya Ismail merupakan bukti kecintaan beliau kepada Allah SWT. Kemudian Allah mengganti Ismail dengan seekor domba.
Perintah berkurban terdapat dalam Al Quran surat Al Kautsar : 
 
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3) 
 
Artinya: 1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. 2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah. 3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu Dialah yang terputus (QS. Al Kautsar : 1-3).
 
Pada kesempatan itu Khotib juga menyampaikan tentang keutamaan menyembelih hewan kurban, salah satunya bahwa setiap helai bulu hewan kurban ada pahala dari Allah. Selain itu juga untuk membangkitkan semangat sosial dan kepedulian. Dimensi kemanusiaan pun tercermin dari ibadah ini yakni yang mampu menyisihkan sebagian rezekinya dengan menyembelih hewan kurban kemudian mendistribusikannya kepada penerima. Selesai salat Idul Adha dilanjutkan penyembelihan hewan kurban. Jumlah hewan kurban yang disembelih adalah 7 ekor kambing. Empat ekor disembelih di Madrasah, tiga ekor diberikan dan disembelih di tiga desa yakni Kebadongan, Klirong, dan Pandan Lor. Acara penyerahan hewan kurban kepada ketiga desa tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014 di lapangan MTs Negeri Klirong. Acara ini dihadiri oleh Kapolsek Kecamatan Klirong dan tiga Kepala Desa penerima hewan kurban. Acara tersebut juga disaksikan oleh para siswa, bapak ibu guru, dan mahasiswa PPL IAINU Kebumen. Hewan Kurban diserahkan oleh ketua OSIS kepada Kapala madrasah yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Desa Kebadongan, Klirong, dan Pandan Lor. Dalam sambutan penyerahan hewan kurban kepala madrasah berharap agar MTs Negeri Klirong dapat menjadi tumpuan amanah bagi orang tua siswa yang telah menyerahkan putra-putrinya di MTs Negeri Klirong ini untuk menjadi anak yang soleh dan solehah. Selain itu juga berharap agar daging kurban yang dibagikan dapat bermanfaat bagi penerima. Kepala desa Kebadongan Sarji yang juga alumni MTs Negeri Klirong mewakili tiga desa penerima mengucapkan terimakasih atas proses latihan penyembelihan hewan-hewan kurban yang diamanahkan kepada tiga desa tersebut. Selain itu juga mendoakan agar semangat kebersamaan di MTs membawa berkah dan kemajuan bagi keluarga besar MTs Negeri Klirong. Sedangkan empat hewan kurban yang disembelih hari Ahad, 5 Oktober 2014 pukul 8.30 di MTs Negeri Klirong yang kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.