Rangkaian Acara HAB Kemenag RI ke-69 MTs Negeri Klirong
Menyambut tahun baru 2015, Kementrian Agama Republik Indonesia memiliki agenda rutin tahunan, yaitu pada hari Sabtu, tanggal 3 Januari 2015 diadakan peringatan hari kelahiran Kementerian Agama RI, atau yang dikenal dengan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI yang ke-69. Pada momen kali ini bertepatan pula dengan hari Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1436 H).
 
Pada hari yang berbahagia tersebut keluarga besar MTs Negeri Klirong mengadakan serangkaian acara peringatan HAB Kemenag RI ke-69. Meski hari hujan tidak menyurutkan semangat bapak/ibu guru dan karyawan MTs Negeri Klirong untuk memperingati hari bersejarah ini. Seluruh guru dan karyawan MTs Negeri Klirong dengan berseragam hitam-putih melaksanakan upacara indoor peringatan HAB Kemenag RI ke-69 di Aula MTsN Klirong pada pukul 08.00 WIB. Meskipun dilaksanakan di dalam ruangan, upacara berjalan dengan penuh hikmad tanpa mengurangi esensi peringatan HAB Kemenag RI tersebut. Kepala MTsN Klirong beliau bapak Muhammad Siswanto, M. Pd.I selaku Pembina upacara membacakan amanat/sambutan menteri agama RI pada HAB Kemenag RI ke-69 tersebut. Pada pidatonya tersebut disampaikan sejarah pendirian kementerian agama untuk mengenang perjuangan para pendiri dan pejuang-pejuang agama, serta agar kita sebagai generasi penerus dapat melanjutkan perjuangan mereka sesuai bidang keahlian masing-masing, sebagai guru, ujung tombak perjuangan agama dan pendidikan Indonesia.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng sebagai simbol harapan akan kemakmuran di masa mendatang. Potong tumpeng dilakukan oleh kepala MTsN Klirong dan diserahkan pada Kabag Tata Usaha MTsN Klirong, bapak Taofikurrohman, S.HI. Setelah potong tumpeng acara dilanjutkan dengan rapat dinas dengan agenda pembinaan dinas dan informasi pembagian tugas mengajar bagi guru MTsN Klirong untuk semester genap 2014/2015.
 
Sebagaimana kita ketahui bersama, sesuai instruksi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah RI, bahwa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, terdapat perubahan kurikulum, dari kurikulum 2013 yang baru berjalan 1 semester dikembalikan ke kurikulum 2006 (KTSP). Hal tersebut tentu berdampak secara langsung pada perubahan KBM di Madrasah dan berefek domino pada beberapa hal seperti, perubahan mata pelajaran, perubahan jam pelajaran, jadwal pelajaran, dan lain-lain. Pada rapat tersebut disampaikan sejumlah perubahan tugas mengajar yang terjadi di MTsN Klirong agar bapak/ibu guru dapat menyesuaikan. Masih dalam rangkaian acara peringatan HAB Kemenag, memasuki awal semester genap pada hari Senin, 5 Januari 2015 diadakan upacara bendera di lapangan/halaman MTsN Klirong yang diikuti oleh seluruh guru karyawan dan siswa-siswi MTsN Klirong.
 
Pada upacara tersebut, selain dengan agenda peringatan HAB Kemenag RI ke -69, juga diperkenalkan 2 orang guru baru yang akan mengajar di MTsN Klirong mulai semester genap 2014/2015 ini. Kedua orang guru baru tersebut yaitu ibu Gusti Alamsyah Sakti, S. Pd.Si yang akan mengajar mata pelajaran IPA dan ibu Siti Baekuniyah, S.Pd yang akan mengajar mata pelajaran IPS. Kedua orang guru tersebut sebelumnya mengajar masing-masing di MTsN 2 Kebumen dan MTsN Kaleng.
 
Agenda lain pada upacara bendera tersebut yaitu informasi prestasi dan penyerahan piala/ hadiah yang diraih siswa-siswa MTsN Klirong di tingkat internal madrasah maupun di tingkat kabupaten/provinsi. MTsN Klirong patut berbangga atas prestasi yang diraih siswa-siswinya. Siswa MTsN Klirong atas nama Akhmad Salim Mufid (Kelas VII.1) berhasil meraih gelar Juara 2 pada Kejurcab Bulutangkis tingkat usia pemula Walet Cup IX Kabupaten Kebumen tahun 2014. Prestasi lain yang sangat luar biasa ditorehkan ananda Fia Adinda Lestari (kelas VII.6) yang berhasil menyabet gelar Juara 3 pada kejuaraan yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada upacara tersebut diserahkan piala penghargaan dari kedua siswa MTsN Klirong tersebut kepada Kepala MTsN Klirong sebagai hadiah yang sangat membanggakan bagi MTsN Klirong. Di lingkungan internal, pada upacara bendera tersebut juga diumumkan dan diserahkan hadiah-hadiah kepada siswa-siswi MTsN Klirong dari kegiatan Classmeeting pada akhir semester ganjil yang lalu. Beberapa perlombaan yang diselenggarakan pada Classmeeting yaitu lomba adzan, poster, asmaul husna, pidato, tenis meja, catur, sepeda lambat, puisi, karaoke, sepakbola, koor, dan kebersihan kelas. Juara lomba Adzan diraih oleh ananda M. Farid Akbar (VII.1), Juara lomba poster pa: Ahmad Ilham (IX.7), pi: Estri Restiana (VII.7), Juara lomba Asmaul Husna pa: M. Ngasikurrohman (IX.7), pi: Rokhimatun Khasanah (IX.9), Juara lomba pidato pa: Diya Almustofa AB (IX.1), pi: Anis Riyanti (IX.1), Juara lomba tenis meja pa: Windarto (VIII.4), pi: Dyah Putri (VIII.4), Juara lomba catur pa: Edi Budi H (IX.1), pi: Titin Murniati (VII.4), juara lomba sepeda lambat pa: Latif Nurkholis (VII.8), pi: Muflikhatun Nuri R (IX.1), juara lompa puisi pa: A Jasid Attabi (VIII.1), pi: Arina Mana Sikana (VIII.1), juara lomba karaoke pa: Faiz Abdurrohman (IX.1), pi: Kharisma Kurniasih (VII.4), juara lomba sepakbola tim IX.1-IX.4, juara lomba koor kelas VIII.1, dan juara lomba keberihan kelas diraih kelas IX.2.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.