PEMBEKALAN PENGURUS OSIS BARU, MTsN 5 KEBUMEN GELAR LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

Kebumen – Dalam rangka meningkatkan kompetensi para pengurus OSIS, Panitia Reorganisasi Pengurus OSIS MTsN 5 Kebumen memberikan pembekalan wawasan keorganisasian melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pengurus OSIS. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari satu malam ini yaitu sejak Sabtu (15/10) siang hingga Minggu (16/10) siang, diikuti oleh 36 peserta didik calon pengurus OSIS.

Kegiatan ini dilaksanakan di madrasah dan diisi oleh bapak ibu guru dan karyawan sebagai pemateri. Materi yang diberikan pada hari pertama antara lain Kepemimpinan, Dinamika Kelompok dan Keadministrasian/Tata Persuratan. Pada hari kedua, peserta dibekali wawasan tentang Tata Upacara, Keorganisasian dan Disiplin dan Akhlakul Karimah.

Selain pembekalan ilmu keorganisasian, peserta juga melaksanakan kegiatan ibadah, makan dan olah raga secara bersama-sama. Pada saat materi pokok, peserta juga diberi kegiatan selingan semacam “ice breaking” oleh pemateri untuk menjaga semangat peserta agar tidak jenuh atau pun mengantuk. Seperti yang dilakukan pada materi Dinamika Kelompok, pemateri yaitu Fuad Hasim memberikan selingan “ice breaking” yang dilakukan secara berkelompok.

Selingan yang mengandalkan konsentrasi dan kerja sama ini dianalogikan oleh Fuad sebagai kehidupan sebuah organisasi yang harus saling membantu dan juga cerdas dalam memahami instruksi bapak ibu guru. Cerdas tanggap ini nantinya diharapkan sebagai fondasi agar tidak salah dalam melangkah melaksanakan program kegiatan yang telas disusun dengan bimbingan guru.

“Peserta diharapkan dapat bergerak bersama-sama sesuai dengan arahan guru. Hal ini seperti ketika mendapat tugas dari guru, pengurus OSIS harus cekatan dalam memahami perintah dan melaksanakannya dengan benar” jelas Fuad.( pic)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.