Pameran dan Pentas Seni Siswa Kelas IX
Klirong, Senin-Selasa, 30-31/12/2013 siswa kelas IX MTs Negeri Klirong mengadakan Pagelaran Seni dan Budaya. Tema pagelaran kali ini adalah “Dengan Semangat Muda Kita Tingkatkan Apresiasi Dan Kreatifitas Seni“. Pagelaran meliputi Pameran dan Pentas Seni. Penyelenggaraan pameran sebagaimana disampaikan oleh Khosyatul Laily, S.Pd., guru mapel Seni Budaya bertujuan meningkatkan apresiasi siswa untuk berkarya seni; membangkitkan semangat bagi siswa; melatih siswa untuk memberikan evaluasi pada karya seni; melatih kerja kelompok dan melatih berorganisasi; dan untuk mendidik siswa lebih mandiri dan meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Pameran karya seni diikuti oleh sembilan kelas yakni kelas IX-1 sampai kelas IX-9.
 
Pameran dilaksanakan selama dua hari di ruang kelas masing-masing. Jauh-jauh hari telah dipersiapkan segala perlengkapan pameran. Mulai dari dekorasi ruangan, penataan barang sampai souvenir yang diberikan kepada para pegunjung. Beruntung pameran dilaksanakan pada awal masuk sekolah sehingga para siswa dapat mempersiapkannya selama liburan dan tidak mengganggu pelajaran lain. Pameran yang ditampilkan bersifat heterogen, menampilkan beberapa cabang seni antara lain lukisan, kerajinan tangan (handycraft) seni janur dan beberapa hasil karya lokal seperti anyaman bambu untuk membuat caping atau tudung. Sedangkan untuk pentas seni menampilkan pula beberapa cabang seni meliputi seni suara, seni tari dan seni sastra. Sebagian besar pementasan didominasi penampilan tarik suara atau bernyanyi. Lagu-lagu yang dibawakan sebagian lagu-lagu remaja. Ada beberapa lagu nostalgia dinyanyikan pula. Selain pentas musik ada pula pentas seni sastra seperti musikalisasi, berbalas pantun dan pantomim. Dua sajian Tari yang ditampilkan oleh siswa kelas IX 1 dan IX 8 mendapat aplaus lebih dari para penonton. Begitu pula penampilan peragaan busana muslimah yang tentu saja merupakan sesuatu yang baru bagi para siswa.
 
Pameran dan pagelaran ini sangat besar fungsinya untuk meningkatkan daya ekspresi, memacu kreativitas dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu pagelaran juga dapat memperluas wawasan seni dan dapat digunakan sebagai media komunikasi dan wahana pemunculan ide. Untuk siswa kelas IX MTs Negeri Klirong “ Selamat dan Sukses. Teruslah Berkarya !!!“

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.