Sabtu, 10 Desember 2011 merupakan awal yang bersejarah bagi MTsN Klirong. Selama 3 hari berlangsung, (Sabtu, Senin dan Kamis) madrasah ini menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi dan Workshop Website MTsN Klirong” yang diikuti oleh semua guru dan karyawan MTsN Klirong dengan mengundang Hari Susanto, S. Kom sebagai pemateri.

Dalam sambutannya mengawali acara tersebut, Kepala MTsN Klirong H. Muchlas, S. Pd menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dan karyawan serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITC ( Information Technology and Communication). Diharapkan dengan adanya website ini nantinya ada kemajuan atau peningkatan kualitas layanan pendidikan atau kegiatan belajara-mengajar secara internal untuk guru, karyawan dan siswa”, jelasnya.

 
Langkah berani

“Saya anggap MTsN Klirong berani dengan langkah seperti ini. Karena selain mengelola website butuh keseriusan secara kontinyu, juga ada konsekuensi yang terbilang berat yakni kesiapan internal secara terus-menerus dari guru, karyawan, para pengelolanya, bahkan pengambil kebijakan, karena nanti akan ada data-data yang dibutuhkan atau dikonsumsi publik, dan harus selalu siap manakala dari masyarakat membutuhkan informasi yang up-date”, papar Pak Hari, panggilan akrab Dosen AMIK PGRI Kebumen ini di awal presentasinya. Namun begitu, tambahnya, ini merupakan langkah yang cukup bagus, masih terbilang langka untuk sekolah setingkat SMP di Kebumen, apalagi bercirikan madrasah”.

 

Meskipun sebagian dari peserta ini tidak sedikit bapak ibu yang sudah terbilang senior atau sepuh, namun mereka tetap semangat seperti yang muda-muda untuk belajar website. Dari awal sampai akhir tampak tekun menyimak penjelasan dari Bapak Hary Susanto, tentang cara kerja, penggunaan dan fungsi-fungsi website, juga segala permasalahan terkait dengan pengolahan nilai, baik nilai ulangan, nilai semester, rangking, nilai ekstrakurikuler, sampai pada nilai kepribadian ke dalam raport dalam bentuk online.
Menurut Nasrudin, S. Ag, Waka Kurikulum MTsN Klirong, kegiatan sosialisasi dan workshop tentang Website ini merupakan tindak lanjut dari MOU dengan CV.Hardsoftindo. Untuk kedepannya akan dilaksanakan bimbingan teknis yang lebih detail bagi team pengelola website maupun guru/karyawan secara umum. “Dengan telah dibukanya website MTsN Klirong publikasi mengenai kegiatan belajar mengajar dapat diinformasikan, atau diakses oleh siswa ataupun masyarakat secara on-line” imbuhnya.  (Sulistyani, S.Pd)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.