Libur Telah Tiba
Libur telah tiba, begitulah lagu yang dinyanyikan penyanyi cilik Tasya. Setiap anak pasti menyambut dengan gembira, karena sejenak terlepas dari kegiatan rutin sekolah. Libur yang cukup panjang tentu akan membosankan bila hanya di rumah, tentunya ada keinginan dari anak-anak ini pergi ke suatu tempat bersama keluarga sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi liburan.
 
Kegiatan liburan ini bukan hanya menjadi momen untuk refreshing bagi anak-anak, namun juga akan menjadi bahan cerita kepada teman-teman sekolahnya atau bahan karangan dalam pelajaran Bahasa Indonesia saat masuk sekolah nanti.
 
Teringat masa-masa saya sekolah dulu (hiks jadi sedih), bila libur sekolah tidak pernah sekalipun saya pergi berlibur ke suatu tempat, saya sangat ‘tahu diri’ untuk tidak meminta pada Ibu atau kakak saya untuk mengajak liburan. Jadi liburan saya isi hanya dengan bermain ataupun ikut membantu kakak saya berjualan di pasar. Saat masuk sekolah, ketika teman-teman saya bercerita mengenai liburan bersama ayah dan ibu mereka, saya hanya menjadi pendengar yang baik dan bila diberi tugas mengarang, ketika yang lain menulis karangan soal liburan, saya menulis karangan dengan tema yang lain.
 
Berkaca dari masa lalu saya, mungkin ada anak-anak yang memiliki karakter seperti saya, artinya menurut dan tidak banyak meminta, namun sebenarnya ada keinginan dalam hati mereka untuk bersama ayah, ibu dan keluarga lain mengisi libur sekolah. Bagi orang tua yang bekerja, momen libur sekolah ini mungkin waktu yang tepat untuk mengambil cuti beberapa hari dan kemudian menghabiskan waktu bersama anak-anak yang sedang libur sekolah. Menjelang liburan sekolah, banyak tempat rekreasi yang sudah mempromosikan usahanya dengan memberikan diskon khusus selama liburan dengan tujuan banyak dikunjungi, selain itu Pekan Raya Jakarta yang digelar untuk memperingati hari Ulang Tahun Kota Jakarta juga selalu bertepatan dengan libur sekolah. Bila dana yang dimiliki terbatas, mengisi liburan bersama anak-anak tidak harus pergi suatu tempat, kita bisa mengisi waktu libur dengan membuat kegiatan bersama yang menyenangkan bagi anak-anak, yang terpenting adalah kebersamaan dengan seluruh anggota keluarga.
 
Bagi kita para orang tua, memasuki libur sekolah berarti juga harus mempersiapkan dana yang cukup besar untuk tahun ajaran baru, apalagi bila seperti saya, yang besar masuk SMP dan yang kecil masuk SD. Selain uang pangkal untuk masuk sekolah yang tidak kecil jumlahnya, kami tetap harus menyiapkan dana untuk seragam, dan membeli buku-buku pelajaran baru serta buku tulis baru. Untuk alat tulis, sepatu ataupun tas, saya selalu menekankan untuk tetap memakai yang ada karena tahun ajaran baru bukan berarti semua harus baru.
 
Tahun ajaran baru tahun ini juga sangat berdekatan dengan Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, artinya dana yang harus dipersiapkan pun akan menjadi dua kali lipat, biaya sekolah untuk tahun ajaran baru dan biaya untuk menyambut hari raya, apalagi bila berencana mudik pulang kampung, tentu sudah harus membeli tiket perjalanan sejak jauh-jauh hari.
 
Mengantisipasi hal seperti ini, perlu perencanaan keuangan yang baik sejak awal agar semua dapat terpenuhi, apalagi untuk orang yang bekerja sebagai karyawan dengan penghasilan tetap, jangan sampai kita harus meminjam uang atau menggunakan dana kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karena akan membuat kita susah nantinya. Selamat Berlibur.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.