JALIN  SILATURAHMI  PERKUAT  UKHUWAH

Klirong - Suasana meriah dari tampilan grup Rebana Nur Attarbiyah MTsN Klirong mengawali acara Silaturahmi dan Halal Bihalal Keluarga Besar MTsN Klirong, Sabtu, 25 Juli 2015 di Aula MTs Negeri Klirong. Acara yang mengusung tema “Silaturahmi Perkuat Ukhuwah Keluarga Besar MTsN Klirong” ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan memperkuat ukhuwah dengan saling bermaafan di antara seluruh unsur yang ada di lingkungan keluarga besar MTs Negeri Klirong. Acara ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan MTsN Klirong.

Kegiatan ini diikuti oleh dewan guru, karyawan karyawati, istri/suami guru karyawan, guru karyawan yang telah purna tugas, komite, tokoh masyarakat lingkungan MTsN Klirong, Kepala Desa Klirong, Kepala SD Klirong, dan Muspika Klirong. Hadir dalam acara tersebut Drs. KH. Muhamad Nur dari Purworejo sebagai penceramah. Sebelum Hikmah Siaturahmi dipaparkan, Kepala Madrasah, menyampaikan sambutan sekaligus menerima ikrar silaturahmi dari guru karyawan yang diwakili Mukidar, M.Pd.I. Disampaikan oleh Kepala Madrasah, Muhammad Siswanto, M.Pd.I. bahwa salah satu hal yang dapat membuat orang tidak akan masuk surga adalah orang yang memutus tali silaturahmi. “Karena itulah pada acara ini dipergunakan untuk menyambung silaturahmi dengan masyarakat lingkungan serta unsur pemerintah Kecamatan Klirong dan untuk saling memaafkan. Saya juga memaafkan kesalahan bapak ibu guru dan seluruh pegawai,” tambahnya. Dari perwakilan Polsekpun menambahkan bahwa salah satu hal yang dapat memperluas kubur kita kelak adalah permohonan maaf kita yang diterima orang lain.

Pada kesempatan berikutnya Drs. KH. Muhamad Nur memaparkan tentang sisi positif guru. Sesuai profesinya seorang guru itu mempunyai sifat sabar, telaten, dan tidak mudah emosi. “Sebaik-baik manusia di dunia ini adalah guru karena gurulah yang mengajarkan semuanya. Dan kita hidup atas bimbingan dan didikan guru,” jelasnya. Dalam hadits nabi dijelaskan tentang 3 hal yang tidak akan pernah putus kelak jika manusia telah menghadap Allah swt di akhirat, yakni; Shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan orangtuanya. Dikemukakan pula bahwa silaturahmi memang diperintahkan sesuai yang tercantum dalam Alquran Surat Al Hujurat ayat 11 – 13. “Jadi, silaturahmi ini hendaknya tidak hanya sebagai acara seremonial belaka, tetapi untuk beribadah kepada Allah swt seperti yang tercantum dalam Alquran di atas.” tambahnya, “Lakukan yang terbaik dalam hidup ini, insya Allah kita akan mendapatkan pertolongan dari Allah swt.” Acara silaturahmi dan halal bihalal ini diakhiri dengan mushafahah di antara yang hadir dan ramah tamah.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.