IDUL ADHA DAN SEMANGAT BERKURBAN

Klirong – Salah satu agenda tahunan yang merupakan program madrasah dan sekaligus program OSIS MTsN Klirong adalah penyelenggaraan kegiatan dalam rangka menyambut Idul Adha 1436 H yang merupakan realisasi Peringatan Hari Besar Islam di MTsN Klirong. Adapun kegiatannya meliputi penyerahan hewan kurban, salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di MTs.

Penyerahan hewan kurban dilaksanakan pada hari Rabu (23/9) bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah di halaman madrasah. Hewan kurban sejumlah tiga ekor kambing diserahkan oleh ketua OSIS, Ahmad Jazid Attabi’ yang mewakili peserta didik kepada kepala madrasah. Selanjutnya oleh kepala madrasah, Muhamad Siswanto, M.Pd.I hewan kurban tersebut diserahkan ke tiga desa, yakni Desa Podoluhur dan Desa Klirong di Kecamatan Klirong, dan Desa Munggu di Kecamatan Petanahan, masing-masing menerima satu ekor kambing. Sebelumnya kepala madrasah menyampaikan terima kasih kepada peserta didik yang telah berpartisipasi dalam latihan kurban. “Hal ini merupakan nilai pendidikan untuk berkurban,” tambahnya. Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Podoluhur, Takmir masjid dari Klirong yakni Kyai Khabib Sholeh, dan Kepala Desa Munggu. Desa-desa penerima hewan kurban tersebut dalam sambutan penerimaannya diwakili oleh Kepala Desa Podoluhur yang merupakan alumni MTsN Klirong tahun 1992 s.d.1995. Melalui sambutannya disampaikan bahwa hewan kurban tersebut mereka terima dengan senang hati dan mendoakan semoga segala amalan dari latihan kurban peserta didik diterima Allah swt.

Disampaikan pula ucapan terima kasih kepada guru-guru MTsN Klirong atas didikannya terutama dalam bidang keagamaan. Implementasi Idul Adha di MTsN Klirong ini sebagai wujud kepedulian sosial dalam berkurban dan menjalin kebersamaan.

Pada hari berikutnya, shalat id secara berjama’ah dilaksanakan di halaman MTsN Klirong diikuti oleh peserta didik kelas VII, kelas VIII, dan IX, kepala madrasah, bapak dan ibu guru, karyawan karyawati serta mahasiswa PPL IAINU Kebumen hari Kamis, 10 Dzulhijjah 1436 H bertepatan dengan tanggal 24 September 2015. Shalat Id dilaksanakan pukul 06.45 diimami oleh Bapak H. Sunhaji dan bilal oleh Ahmad Jazid Attabi’, ketua OSIS MTsN Klirong . Kegiatan shalat Idul Adha diakhiri dengan khutbah yang disampaikan oleh Kapala madrasah, Muhamad Siswanto, M.Pd.I. Dalam khutbahnya disampaikan bahwa pelaksanaan kurban dan salat Id adalah untuk peningkatan iman pelakunya. Orang-orang yang beriman akan dijauhkan dari musibah dan ditambahkan rezekinya. Dijelaskannya juga tentang haji yang merupakan madrasah dan berfungsi untuk membina para jamaahnya. “Labbaik Allahumma labbaik” Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku memenuhi panggilan-Mu. Dengan kalimat talbiyah tersebut jamaah haji berkumpul dan dipersatukan dalam satu tempat yakni di Makkah Al Mukaromah. Dengan pelaksanaan ibadah haji muncul pula semangat ukhuwah dan semangat berkurban tanpa pamprih baik dengan jiwa raga maupun harta. Hal ini akan dapat meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah swt. Penyembelihan hewan kurban berupa satu ekor sapi oleh Bapak Nurodin dilakanakan di tempat parkir sepeda, belakang MTsN Klirong. Proses penyembelihan dimulai pukul 07.30 dan selesai pukul 08.00 disaksikan oleh peserta didik kelas IX MTsN Klirong, mahasiswa PPL, dan guru karyawan. Selanjutnya pembagian daging kurban berjalan lancar sampai dengan pukul 12.00.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.