MTsN KLIRONG GELAR PEMILIHAN KETUA OSIS LANGSUNG
KLIRONG – Salah satu wujud pembelajaran praktik berdemokrasi di madrasah adalah pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan secara langsung. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang materi pembelajaran mata pelajaran PKn dalam hal penjabaran nilai-nilai Pancasila. Pesta demokrasi dalam rangka pemilihan ketua OSIS (Pilkaos) MTsN Klirong periode 2014-2015 ini digelar Sabtu (27/9).
Kepala madrasah, Muhamad Siswanto, M.Pd.I. mengatakan bahwa pemilihan ketua OSIS ini bertujuan untuk melatih siswa dalam pelaksanaan pesta demokrasi beserta tata caranya dan sebagai pembelajaran berorganisasi. “Dalam pemilihan ketua OSIS ini hendaknya kalian memilih ketua OSIS yang dapat menjadi panutan dan ikhlas dalam berorganisasi serta dapat membawa organisasi kesiswaan MTsN Klirong ini ke depan lebih baik,” ujarnya. Proses pemungutan suara dibagi menjadi tiga TPS.TPS 1 untuk anggota OSIS dari kelas IX bertempat di depan ruang perpustakaan, TPS 2 bagi anggota OSIS kelas VIII bertempat di depan ruang laboratorium IPA, dan TPS 3 untuk anggota OSIS kelas VII bertempat di depan ruang BK. Hal ini dibuat mirip seperti pada pileg ataupun pilpres yang lalu. Di tiap-tiap TPS ada tiga meja tempat pencoblosan kartu suara, disediakan pula kotak suara, dan tinta sebagai tanda telah memilih calon. Usai pencoblosan yang dilaksanakan secara langsung dilanjutkan penghitungan suara di masing-masing TPS.
Hasil akhir penghitungan suara untuk masing-masing pasangan, calon nomor urut 1 atas nama Isrofiyatun Khasanah-Mubaqir mendapat 46 suara, yakni dari TPS 1 mendapat 11 suara, di TPS 2 memperoleh 14 suara, dan di TPS 3 mendapat 21 suara. Sedangkan pasangan Hebaturrohmah-M.Ali Akbar yang mempunyai nomor urut 2 memperoleh 124 suara; dari TPS 1 mendapat 47 suara, TPS 2 memperoleh 48 suara, dan di TPS 3 menghasilkan 29 suara. Sementara itu, pasangan nomor urut 3 yakni Akhmad Jazid Attabi’-Lu’lu Alfatimi mendapatkan suara tertinggi yakni 716 suara yang berasal dari TPS 1 sebanyak 243 suara, TPS 2 berjumlah 225 suara, dan TPS 3 sejumlah 248 suara. Suatu keunggulan mutlak karena memang salah satu dari pasangan terpilih nomor urut 3 yang nantinya akan dilantik sebagai ketua OSIS ini telah menoreh banyak prestasi, diantaranya sebagai juara 1 Tartil Alquran tingkat Provinsi Jawa Tengah, Juara 3 Hafal Tartil Alquran tingkat Kabupaten Kebumen, dan kejuaraan yang lain.
Akan tetapi, dari jumlah kartu suara yang ada, terdapat suara yang tidak sah sebanyak 25 suara. Pada akhir pelaksanaan pilkaos, calon terpilih A. Jazid Attabi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota OSIS dan penyelenggara atas berlangsungnya pemilihan ketua OSIS ini dengan lancar. “Kami mohon doa restu agar dengan terpilihnya menjadi ketua OSIS yang baru ini kami dapat membawa amanah yang diberikan madrasah dengan baik,”tuturnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.