PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MTsN 5 KEBUMEN

KLIRONG -  Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau sering disebut dengan PKKM merupakan sistem penjamin mutu internal  yang dilaksanakan setiap tahun. MTs Negeri 5 Kebumen baru pertama kali terjadwal  PKKM  yang pelaksanaannya Rabu, 25 November 2020 bertepatan dengan HUT  ke-75 PGRI. Pembukaan PKKM dan prosesi penilaiannya dilaksanakan  di Aula MTsN 5 Kebumen, dengan dihadiri seluruh guru dan karyawan serta dua orang pengawas dari Kemenag, Drs. H. Eddy Haryanto, M.Pd dan Hj. Sriwi Rahayu,M.Pd.

Dalam sambutannya, pengawas, Eddy Haryanto, M.Pd  menyampaikan bahwa jadwal PKKM yang sudah ditetapkan mengalami perubahan karena banyaknya Bintek bagi guru-guru agama dan pelaksanaan AKG  bagi kepala madrasah, guru-guru mata palajaran UN  dan guru BK. “PKKM di MTs Negeri  5 Kebumen merupakan  PKKM tahun pertama,” ujar Supami, S.Pd, ketua panitia PKKM. Dijabarkan pula oleh pengawas  bahwa materi PKKM meliputi  usaha  pengembangan madrasah pada komponen 1.  “Usaha pengembangan madrasah ini harus selalu diadministrasikan,” paparnya. “Komponen berikutnya adalah tugas kepala (managerial) yang disinkronkan dengan EDM (Evaluasi Diri Madrasah), Komponen 3 tentang Usaha Pengembangan Kewirausahaan, dan pada Komponen 4 tentang Supervisi, yang meliputi supervisi administrasi, supervisi pembelajaran, dan supervisi penilaian,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, M. Zainal Muhtadin, S.Ag.,  dalam sambutannya memaparkan program yang meliputi tiga hal yakni tentang profil madrasah,  paparan kinerja, dan penutup. Profil madrasah disampaikan secara singkat melalui tayangan LCD, selanjutnya dijelaskan mengenai tujuan dan komponen-komponen yang ada dalam PKKM serta harapan-harapannya.  “Menghimpun informasi, menjaring informasi sebagai bahan pengambilan keputusan, meningkatkan efektivitas, menjamin objektivitas, dan dapat menjadi dasar promosi merupakan tujuan diadakannya PKKM,”  jelasnya. “ Sedangkan isi PKKM meliputi 4 komponen, yakni  komponen 1 usaha pengembangan madrasah yang terdiri atas 7 indikator dengan 25 target; komponen 2 managerial pimpinan (tugas kepala) dengan  10 indikator  41 target; komponen 3 terdiri atas 5 indikator 18 target; dan komponen 4 yang terdiri atas 3 indikator 11 target. Harapan saya semua target (95) x 4 sehingga dapat menghasilkan nilai 380,” tambahnya. Sebagai penutup, kepala madrasah berharap agar PKKM ini dapat meningkatkan kinerja kepala madrasah yang akan diikuti oleh bapak ibu guru serta karyawan dan unsur pelaksana tugas yang lain. “Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah. Madrasah Hebat Bermartabat,”

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.