PELEPASAN SISWA KELAS IX,  HUT MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KLIRONG  DAN NILAI UJIAN NASIONAL

Klirong, 4/6-2016. Pelepasan merupakan agenda tahunan program madrasah untuk menyerahkan kembali siswa didik kelas IX kepada orang tua atau wali murid setelah tiga tahun menuntut ilmu di madrasah.Kegiatan ini dikemas dalam sebuah acara bersamaan dengan Peringatan HUT Madrasah Tsanawiyah Negeri Klirong yang ke-46. Diawali dengan penampilan Grup Rebana Nur At Tarbiyah sebagai penampilan pembuka pada pra acara. Kemudian dilanjutkan hafalan Asmaul Husna, Sholawat Nariyah dan Tasrifan oleh Nelly Sifain Nikmah kelas VII-1, Lulu al Fatimi kelas VIII-1, Lukita kelas IX-6, Asmaul Husna kelas IX-1,Mohamad Farid Ali Akbar kelas VIII-1 dan Akhmad Jasid Attabii kelas IX-1. Kemudian berikutnya digunakan untuk tadarus jus 30.

Tepat pukul 09.00 acara pelepasan siswa kelas IX dimulai. Diawali pembacaan ayat-ayat suci al Quran dan dilanjutkan prakata panitia oleh Ketua OSIS Mohamad Farid Ali Akbar. Pada kesempatan itu ketua OSIS menyampaikan terimakasihnya atas kerja sama yang baik dari semua pihak sehingga acara pelepsan kelas IX dapat berjalan dengan baik. Dalam rangka memperingati HUT Madrasah maka dibacakan pula Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Klirong oleh Drs. Nawali. M. Pd.I. Disampaikan bahwa tujuan peringatan HUT Madrasah adalah untuk mengenang perjuangan para pendiri dan para guru pada masa awal berdirinya madrasah. Perjalanan panjang para pendiri yang dimotori oleh KH Margono Rustam, mengantar hingga penegerian sesuai Keputusan Menteri Agama nomor 84 Tahun 1970 tertanggal 26 Mei 2016 yang kemudian dijadikan hari lahir MTS Negeri Klirong. Tahun 1978 dari PGA 4 menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Klirong.

Acara seremoni wisuda oleh kepala madrasah berupa pengalungan samir kepada 13 peserta didik kelas IX merupakan acara yang ditunggu. Tiga belas peserta perwakilan adalah 1. Muslikhun 2. Ade Fajar Suciwati 3. Wildan Setya Aji 4. Hebaturrohmah 5. Sandy Nur Wakhid 6. Isrofiyatun Khasanah 7. Imam Suhada 8. Eggi Lutfiyatil Latifah 9. Ahmad Jazid Attabii 10. Ngatiyatun Farikhah 11. Drajat Sarwono 12. Nurul Nikmah 13. Farkhan Syifaudin Setelah pengalungan samir dilanjutkan pembacaan Ikrar Wisudawan. Dalam sambutannya Kepala Madrasah Mohamad Siswanto M.Pd.I megajak untuk menunjukkan bahwa madrasah harus lebih baik dari sekolah umum sebagaimana slogan yang disampaikan oleh Menteri Agama “ Madrasah Lebih Baik-Lebih Baik Madrasah” Pada kesempatan itu Kepala Madrasah juga berpesan agar selalu menghiasi kehidupan dengan menuntut ilmu di pesantren. Pada akhir sambutannya beliau juga berdoa semoga kesuksesan dan kemanfaatan ilmu peserta didik diridhoi oleh Allah swt. Pada kesempatan itu pula Komite Madrasah Mudiyanto, A.Md. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Madrsah yang berulang tahun yang ke-46 dengan doa semoga Kepala Madrsah, Bapak Ibu Karyawan dan para peseta didik selalu diberi kesehatan dan dilindungi oleh Allah swt. Selain itu Ketua Komite juga menerima kembali peserta didik dengan iringan doa “Jazakumullah ahsanal Jaza Jazaan katsira” dan berharap dapat diterima di sekolah lanjutan yang lebih baik. Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya Muspika menyampaikan bahwa pemerintah mencanangkan Wajib belajar 12 tahun. Selain itu beliau mengimbau tentang pentingnya kebersihan lingkungan, dan juga larangan menyalakan petasan. Dan berdoa semoga MTs Negeri Klirong semakin maju, prestasinya semakin pesat, inofatif, kreatif dan berakhlak mulia.

Pada akhir acara disampaikan pengumuman tiga besar berdasar nilai rapot adalah 1. Isrofiyatun Khasanah 2. Hebaturrohmah 3. Ngatiyyatun Farikhah Dan disampaikan pula 10 besar berdasar nilai Rapot dan hasil UAMBN. Mereka adalah 1. Hebaturrohmah 2. Ngatiyatun Farikhah 3. Isrofiyatun Khasanah 4. Ahmad Jazid Attabii 5. Hida Syahida Salsabila 6. Muslikhun 7. Fatimatul Rafiah 8. Imam Suhada 9. Ade Fajar Suciwati 10. Farkhan Syifaudin Selain dua prestasi Akademik di atas ada juga juga prestasi Non Akademik yang diberikan kepada Ahmad Jazid Attabii kerena prestasinya dalam keteladanan akhlak maupan beberapa kejuaraan di tingkat kabupaten dan provinsi dalam cabang Tahfidz maupun Tilawah. Selain itu juga diberikan juga hadiah kepada 10 anak tergiat dalam membaca dan meminjam buku-buku perpustakaan. Mereka adalah Ngatiyatun Farikhah, Elisa Nur Baeti, Atikah Rahmaniah, Mohamad Anharrul Faqih, Drajat Sarwono, Miftahus Sobibur Rohmat, Luhgita Nur Sahara Laily Masna Khotimah, Nur Azisah dan Umi Markhumah. Dalam acara ini juga berbagai hiburan ditampilkan pada acara ini seperti tarian, meyanyikan beberapa lagu serta pembacaan puisi dan penampilan Grup Band Madrasah Tsanawiyah Negeri Klirong. NILAI UJIAN NASIONAL MTs NEGERI KLIRONG Klirong, 11/6 Hasil Ujian Nasional yang ditunggu-tunggu oleh peserta didik kelas IX dan tentunya oleh orang peserta didik tiba. Sabtu, 11 Juni 2016 Hasil Ujian Nasional tingkat SMP/MTs diumumkan. Begitu pula MTs Negeri Klirong. Siang sekitar pukul 14.30 orang tua peseta didik menerima pengumuman Hasil Ujian Nasional. Dua siswa memperoleh hasil sempurna. Mereka adalah Ahmad Jazid Attabii pada mata pelajaran Matematika dan Ngatiyyatun Farikhah pada mata pelajaran IPA. Sedangkan peringkat 10 besar peraih nilai tertinggi hasil Ujian nasional adalah sebagai berikut : 1. Hebaturrohmah dengan nilai rata-rata 92,9 2. Ngatiyatun Farikhah dengan nilai rata-rata 91,5 3. Muslikhun dengan nilai rata-rata 90,1 4. Ahmad Jazid Attabii dengan nilai rata-rata 88,6 5. Isrofiyatun Khasanah dengan nilai rata-rata 88,0 6. Ahmad Ali Hamzah dengan nilai rata-rata 86,4 7. Drajat Sarwono dengan nilai rata-rata 86,3 8. Muhamad Anharul Faqih dengan nilai rata-rata 86,1 9. Atikah Rahmaniah dengan nilai rata-rata 84,5 10. Nailatul Izzah dengan nilai rata-rata 84,5 Selamat semoga ilmu yang didapat bermanfaat…!

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.