PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Selasa, 1 Desember 2020 Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kebumen melaksanakan penilaian yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 masih dilaksanakan sepenuhnya secara daring/ online dengan memanfaatkan platform digital yang bernama elearning madrasah. Opsi Kegiatan PAS gasal tahun pelajaran 2020/2021 secara daring/ online tersebut dipilih oleh madrasah karena mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Pelaksanaan PAS gasal tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan selama delapan hari mulai Selasa, 1 Desember 2020 hingga berakhir pada Kamis, 10 Desember 2020. Selama pelaksanaan PAS tersebut, diujikan lima belas mata pelajaran yang diikuti oleh seluruh Peserta didik MTs. Negeri 5 Kebumen mulai dari kelas VII hingga kelas IX dari rumah masing-masing menggunakan gawai/gadget peserta didik. 

Pemanfaatan platform digital elearning madrasah dalam kegiatan PAS daring/online tahun pelajaran 2020/2021 ini memang sebagai salah satu bentuk upaya madrasah memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar maupun evaluasi bagi peserta didik di madrasah. Selain untuk proses pembelajaran daring/ online harian yang sudah berjalan mulai semester genap tahun pelajaran 2019/2020, dalam platform digital elearning madrasah tersebut tersedia fasilitas Computer Based Test (CBT) sehingga para guru bisa  melaksanakan tes/evaluasi/penilaian secara daring/online. Para  guru mata pelajaran MTs. Negeri 5 Kebumen menyusun soal, menginput soal, yang selanjutnya  bisa diakses peserta didik dari rumah masing-masing melalui laman https://elearning.mtsn5kebumen.sch.id dengan menggunakan gawai/gadget para peserta didik. Proses pelaksanaan PAS tersebut diawasi oleh guru mata pelajaran dari madrasah berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh madrasah, setelah pelaksanaan secara otomatis pula hasil dari CBT PAS terinput ke dalam sistem penilaian/terintegrasi di dalam sistem elearning madrasah. Berdasarkan data dari bidang kurikulum madrasah dan panitia pelaksaan PAS gasal tahun pelajaran 2020/2021 pada hari pertama pelaksanaan Selasa, 1 Desember, keaktifan para peserta didik MTs. Negeri 5 Kebumen cukup membanggakan, dari 948 jumlah keseluruhan peserta didik hanya 4,8 % atau sejumlah 46 peserta didik yang belum bisa mengikuti secara daring/online karena alasan tertentu. Tentunya pihak madrasah akan melayani seluruh peserta didik berdasarkan kebutuhan para peserta didik untuk pelaksanaan PAS tersebut. Sehingga seluruh peserta didik bisa melaksanakan kegiatan PAS sesuai dengan variasi kebutuhan para peserta didik.

Diharapkan dalam Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021, satuan pendidikan bisa menganalisis dan menafsirkan data hasil pengukuran capaian kompetensi peserta didik selama satu semester, sehingga informasi atau data tersebut bisa bermakna bagi proses yang sudah terlaksana maupun proses yang akan dilaksanakan selanjutnya. Selain itu, opsi PAS secara daring/online tersebut dipilih untuk menghindari risiko bagi peserta didik terpapar Covid-19 sekaligus menjadi salah satu usaha madrasah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.