CLASSMEETING, PAMERAN,  DAN PERGELARAN MTsN 5 KEBUMEN

Klirong – sebagai penutup kegiatan pembelajaran pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 di MTs Negeri 5 Kebumen, pihak madrasah menyelenggarakan classmeeting, pameran, dan pergelaran Selasa – Sabtu, tanggal 11 sampai dengan 15 Desember 2018 di halaman madrasah. Kegiatan classmeeting diikuti oleh peserta didik kelas VII dan kelas VIII. Untuk beberapa mata lomba diikuti juga oleh peserta didik kelas IX. Beberapa jenis lomba dan pertandingan yang diadakan adalah lomba kaligrafi, catur, tenis meja, paduan suara dengan lagu wajib mars madrasah dan beberapa lagu pilihan, tarik tambang, dan kebersihan kelas.

Kegiatan classmeeting ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui bakat dan minat peserta didik di luar kegiatan akademik, serta untuk meningkatkan kreativitas, sportivitas dan prestasi peserta didik. Sementara itu, kegiatan peserta didik kelas IX lebih difokuskan pada pameran dan pergelaran yang diadakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 14 dan 15 Desember 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala MTsN 5 Kebumen, Drs. H. Moh. Iskandar, M.Pd. hari Jumat (14/12). “Saya harap semua peserta didik ikut berperan dalam kegiatan pergelaran dan pameran ini,” demikian yang disampaikannya. Selanjutnya kepala madrasah membuka pergelaran dan pameran dengan memimpin yang hadir membaca surat Al-Fatihah bersama sambil mengharap rida Allah swt.

Berbagai karya dari kelas VII – IX dipamerkan dengan pengelompokan per nama kelas, yakni karya kelas VII.I dan VIII.I disertakan untuk dipamerkan di kelas IX.I; kelas VII.2 dan VIII.2 disertakan untuk dipamerkan di kelas IX.2, dan seterusnya. Karya-karya tersebut meliputi karya pribadi maupun kelompok. Beberapa diantaranya ukir sabun, sandal dari berbagai bahan, bros dari berbagai bahan, lukisan, dekorasi taman, rok dari bahan plastik, dan berbagai kreativitas yang lain. Untuk kegiatan pergelaran hanya diikuti oleh peserta didik kelas IX yang dibagi dalam waktu dua hari yakni Jumat dan Sabtu sesuai nomor undian. Sesuai nomor undi kelas IX.7, IX.1, dan kelas IX.9 tampil pada hari pertama (Jumat), sedangkan hari kedua kelas IX.2, IX.8, IX.4, IX.3, IX.5, dan IX.6. Berbagai kreativitas peserta dimunculkan, seperti : tari, fashion show, silat, seni angklung, hadroh, seni baca Al-Qur’an, baca puisi, nyanyi solo/duet, dance, sambutan-sambutan, pidato/ceramah, serta paduan suara. Apa yang ditampilkan oleh peserta didik tersebut telah menunjukkan bahwa peserta didik telah dapat memunculkan kreativitasnya di bidang nonakademik serta berperan aktif dalam kegiatan ini sesuai harapan kepala madrasah.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.